Penyebab Orang Kalah Lomba, Salah Satunya Kurang Baca

Orang kalah lomba banyak sebabnya. Salah satu penyebab utama adalah ketidaksanggupan untuk mencoba, yaitu menaklukkan kemalasan untuk mau bergerak sampai menyetorkan entri kepada panitia penyelenggara. Apa saja penyebab orang kalah lomba yang selama ini tak disadari atau disadari tetapi jarang dmau diperbaiki?


1 | Tidak mendaftar

Tidak mendaftar dan menyetor entri untuk lomba? Ya mana mungkin bisa menang. Dalam lomba menulis, baik blog post ataupun resensi, syarat utama kemenangan adalah ikut. Tanpa partisipasi, tak akan ada peluang nama kita keluar sebagai pemenang. Itu pasti.

2 | Tidak mematuhi syarat

Lazimnya sebuah lomba, pasti panitia telah menetapkan syarat yang harus dipenuhi oleh peserta. Tanpa kepatuhan itu, tulisan atau entri yang kita kirimkan akan diabaikan. Jangankan dinilai, seleksi administrasi pun sudah gagal. Juri tak akan menilik atau memberikan penilaian.

3 | Kualitas medioker

Mutu adalah ukuran utama untuk membuat entri yang kita kirim menjadi pemenang. Jangan berharap menang kalau dalam lomba kita mengirimkan tulisan atau karya yang pas-pasan alias medioker. Dikerjakan asal-asalan, ide berantakan, pilihan kata amburadul, sudahlah sebaiknya bikin karya lain lagi.

Berikan nilai plus, misalnya dengan infografik dan video untuk lomba blogging. Sentuh hati juri dengan mutu yan memukau, bukan karya ala kadarnya yang serbatanggung. Mana mungkin bisa menang kalau kualitas meragukan?

4 | Salah tafsir

Menafsirkan kemauan juri adalah kunci lain kemenangan. Renungkan dan tafsirkan dengan tepat apa yang mereka kehendaki. Jika suatu brand tengah mengadakan kampanye produk tertentu, pelajari dengan teliti dan angkat itu dalam karya kita.

5 | Tidak unik

Kaya yang menang haruslah autentik, orisinal, dan unik. Tak ada bandingan sehingga layak dimenangkan. Keunikan itu bisa diambil dari sudut pandang, presentasi, elemen pelengkap, atau hal-hal di luar bayangan peserta lain.

Namun, lebih dari itu, membaca buku adalah syarat yang tak bisa ditawar-tawar lagi. Dengan buku, cakrawala terbuka. Wawasan bertambah dan informasi yang plus bisa kita sajikan berkat pengetahuan dari bahan bacaan. Jadi masih malas baca buku?

Jangan bermimpi bisa menang kalau begitu. 

Post a Comment

0 Comments